ads shopee

Hanya Merubah Takaran Oli Shock Depan Nmax, Motor Jadi Empuk

Daftar Isi Konten Ini [Tampilkan]

Nmax adalah salah satu motor dari sekian banyak motor maxi yamaha yang paling laris di pasaran. Motor ini sempat menelurkan 2 generasi, yaitu pertama di tahun 2014 - 2018 dan kedua di tahun 2019 keatas. Meskipun demikian kedua genersi tersebut tetap mengusung kapasitas mesin 155 cc.

Kenyamanan dalam berkendara meliputi banyak hal. mulai dari setiran yang nyaman hingga performa motor bandel saat dijalanan. beberapa permasalahan motor kerap dialami secara tak terduga. pada motor nmax, sering kali mengalami jam pada speedometer yang tidak aktual. sehingga perlu di reset dan diatur kembali, baca disini cara lengkapnya. Meskipun terlihat sepele tentu itu akan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.

Hal yang paling menjengkelkan lagi adalah saat motor tidak nyaman dikendarai. contohnya ketika setir depan terasa keras dan seakan tidak berfungsi. ini biasa disebabkan karena angin ban terlalu penuh atau karena sokbreker yang berkendala.

jika masalah pada tekanan ban nmax yang kelebihan, anda buka dulu postingan ini. karena semua masalah teratasi disana dengan baik. lalu untuk permasalahan yang disebabkan shockbreker, lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Penyebab Sokbreker Nmax Bermasalah

Sebelumnya, ijinkan kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan shockbreker. shockbreker adalah bagian dari motor yang fungsinya mengayun dan meredam getaran keras saat motor melewati jalanan yang tidak rata. part ini selalu bekerja dalam kondisi diam maupun bergerak karena tidak membutuhkan tenaga listrik sama sekali.

berapa ml oli sokbreker depan nmax

Shockbreker umumnya mengalami masalah jika ada oli yang didalamny amengalami pengurangan. bukan karena bocor tapi memang disebabkan pemuaian cairan oli karena sudah melewati masa waktu tertentu.

hal itulah yang sering menyebabkan sokbreker depan berbunyi pada umumnya meskipun tidak mengalami kebocoran oli.

Lantas bagaimana cara menanganinya? ya tentu dengan mengisi ulang oli pada per depan tersebut sesuai standar kapasitas dari Yamaha Motor Indonesia.

Berapa ml kapasitas oli shock depan nmax?

Berdasarkan data resmi dari yamaha motor di situsnya yang membahas tuntas mengenai Nmax, dapat diketahui jika ukuran oli cokbreker depan bervariatif tergantung dari keluaran tahun berapa Nmax 155 tersebut.

Nmax lama (dibawah tahun 2019) memiliki kapasitas oli sokbreker depan 75 ml. sementara Nmax keluaran tahun 2019 keatas, ukuran Oli Shocknya 88 ml karena memiliki body yang lebih besar beberapa sentimeter sehingga perlu minyak pelumas yang lebih banyak agar pegas tidak sampai menyentuh bagian atas sokbreker saat motor menerjang lubang.

Jadi jika ditotal saat anda hendak mengisi ulang oli, butuh 75+75=150 ml oli untuk generasi pertama. dan 88+88=176 ml total untuk motor nmax 155 generasi kedua.

Anda bisa mendapatkan 200ml oli sokbreker merk motul hanya dengan 16 ribuan saja, sedangkan ori Nmax seharga Rp 80.000 . Oli Shock yang paling bagus adalah oli yang memiliki kekentaran stabil walau berada di temperatur 400 derajat didalam tabung.

ditambah ongkos mekanik sekitar 50 ribuan jika tidak ada kerusakan tambahan misalkan seal. seal sendiri harganya kisaran Rp 20 ribu.

beberapa alternatif lain sebagai berikut ini:

No

Merk

Harga

1

Ipone Fork 5 Soft

Rp225.000

2

Oli Sok Depan Oil Yamalube 150Ml

Rp20.000

3

Oli Shock Depan Top 1 High Performance 150 Ml

Rp16.500

4

Oli Fork Shock Maxima Racing

Rp230.000

5

Oli Shock Depan Vrooam Motorcycle 15W 1L

Rp165.000

Lalu Kenapa tidak ditambahi saja oli yang lama? biar irit.

Pertanyaan ini sering muncul dari pengguna Nmax, namun asal anda tahu, di dalam sokbreker tersebut tidak ada alat ukur seperti pada tabung. jadi jika kedua sokbreker tidak imbang ketika mengisi, itu akan mengganggu kenyamanan berkendara anda dan beberapa part mesin, seperti peloran, ass, dan leher setir.

Masalah Setelah ganti oli shock depan yamaha nmax

Terkadang setelah dilakukan pergantian oli, beberapa orang mengaku jika sokbreker menjadi lebih keras. ini sering terjadi lantaran oli sokbreker yang anda pilih kekentalannya tidak standar.

untuk mengatasi ini, tidak perlu beli oli baru, tapi cukup mengurangi volume oli yang sudah dimasukkan ke dalam shock depan tadi.

kapasitas oli shock depan nmax

Oleh sebab itu, saat selesai penggantian, jangan keburu dibawa pulang motornya, cek dulu suspensi depannya dengan cara mengerem depan dan mendorong motor maju agar terlihat kinerja sokbreker tersebut.

Jika dibiarkan keras, ini bisa berakibat fatal pada komstir dan ass velg motor anda.

Masa aktif Oli Shockbreker depan yang baik

Agar tidak terjadi kebocoran seal dan tetap menjaga kestabilan kinerja sokbreker, lakukan pergantian oli setiap menempuh 13.000 - 15.000 km. atau paling tidak 2-3 tahun sekali.

tapi jika ada karet sil yang rusak dan menyebabkan oli bocor, segera ganti silnya dan isi kembali oli dengan benar. karena fungsi sil ini untuk menjaga agar oli tidak sampai keluar saat melakukan gerakan mengayun / naik turun.

Cara ganti dan setting Oli sokbreker depan Nmax

Pikirkan lagi jika anda ingin melakukan pergantian oli sendiri. karena ini butuh alat khusus untuk mengukur secara detail oli yang masuk ke tabung. namun pada dasarnya adalah sebagai berikut ini

  1. sokbreker harus dilepas dari body motor
  2. kemudian ambil per yang ada di dalam tabung
  3. kuras oli bekas sampai habis
  4. Oli baru isikan pada tabung ukur dahulu sesuai standar yamaha Nmax, untuk versi lawas 75ml ,versi baru 88ml
  5. Masukkan oli baru ke dalam tabung
  6. Masukkan per secara terbalik kedalam tabung
  7. tarik naik turun per agar tercampur oli dengan baik
Ini adalah video pelengkap cara kerja dari mekanik profesional source youtube ya:

Demikian artikel kali ini yang membahas tuntas mengenai oli shock depan Nmax yang memasuki usia ganti. diharapkan dengan artikel ini anda bisa on time dalam mengganti oli depan tersebut. terima kasih.

Sekilas Info

Kami adalah situs yang memberikan informasi terlengkap mengenai jual beli motor dan mobil bekas (second) termurah dan terjangkau di seluruh indonesia dan anda bisa melihat daftar referensi dealer terbaik di kota – kota besar seperti di Jakarta , Surabaya , Bandung , Bekasi , Medan , Tangerang , Depok , Semarang , Palembang , Makassar , Tangerang Selatan , Bogor , Batam , Pekanbaru , Bandar Lampung , Malang , Padang , Denpasar , Samarinda , Serang , Banjarmasin , Tasikmalaya , Pontianak , Cimahi , Balikpapan , Jambi , Surakarta , Mataram , Manado , Yogyakarta , Cilegon , Kupang , Palu , Ambon , Tarakan , Cirebon , Bengkulu , Pekalongan , Kediri , Tegal , Binjai , Pematangsiantar , Jayapura , Banda Aceh , Palangkaraya , Probolinggo , Banjarbaru , Pasuruan , Tanjungpinang , Gorontalo , Dumai , Madiun , Batu , Salatiga , Pangkalpinang , Lubuklinggau , Ternate , Bitung , Tanjungbalai , Tebingtinggi , Metro , Bontang , Padang Sidempuan , Blitar , Lhokseumawe , Singkawang , Parepare , Langsa , Banjar , Prabumulih , Mojokerto , Magelang , Sorong , Palopo , Bima , Bukittinggi , dan Bau-Bau. terima kasih.