ads shopee

Pelajari Dulu Jalur Soket Kiprok Nmax Sebelum Diubah

Daftar Isi Konten Ini [Tampilkan]

Yamaha Nmax memang memiliki pamor yang unggul di Indonesia. Banyak sekali kelebihan yang terdapat pada kendaraan roda 2 ini. Bagasi luas mampu menampung helm ukuran besar. selain itu panel instrumen speedometer berbentuk digital ditambah lagi dengan teknologi Connected.

Tempat kaki juga sangat nyaman karena lebih luas dari pada motor matic lainnya. Nmax juga punya 4 varian warna yaitu Black, White, Blue dan Red yang membuat semua orang makin cinta produk yamaha ini.

Baca Lainnya: Kapasitas Oli Gardan Nmax

Dari semua keunggulan Nmax tersebut ada beberapa kerumitan yang sebenarnya perlu anda pelajari. mungkin bagi orang awam ini tidak terlalu penting. namun bagi pecinta motor, tentu ini adalah hal yang menarik ketika mempelajari sistem kelistrikan sebuah motor.

Komponen yang sering di otak atik adalah Kiprok. untuk mempelajari sebuah  kiprok, dibutuhkan pengetahuan mengenai skema jalur soket agar tidak terjadi korsleting. lebih parahnya lagi jika komponen jadi terbakar karena kesalahan jalur soket dan kabel yang dimasukkan.

jalur kiprok nmax

Kiprok pada Nmax memiliki fungsi sebagai penghantar listrik dari aki ke berbagai aksesoris motor. lebih detail lagi, aliran tenaga dari spull tidak langsung disalurkan ke berbagai aksesoris tapi ditahan oleh kiprok dahulu agar ampere dan tegangannya tetap stabil pada 12 volt.

Baca lainnya: ukuran ban Nmax paling bagus

Meskipun Yamaha Nmax memiliki beberapa varian yang berbeda dari tahun ke tahun, namun kiprok yang dipakai tetap menggunakan sistem sama.

Untuk mengganti komponen ini tidak serta merta plug n play saja. namun perlu ada pengetahuan agar tidak salah ketika menancapkan kabel pada soket kiprok Nmax.

Jalur Kiprok Nmax Original

Harga Kiprok Nmax di pasaran cukup murah, hanya 70 ribuan. bahkan beberapa motor lain menggunakan kiprok dari yamaha ini sebagai kanibal untuk kiproknya yang rusak. tapi butuh beberapa pemotongan kabel dan merubah sedikit jalurnya. untuk lebih jelasnya jalur soket kiprok nmax, akan kami jelaskan melalui ilustrasi gambar berikut ini:

 

soket kiprok nmax

Keterangan:
nomor 1 warna merah = aki positif (+)
nomor 2 warna kuning = kosong
nomor 3 warna hitam = ground / massa dari aki negatif (-)
nomor 4 warna putih = spull (+)
nomor 5 warna hijau = Spull untuk massa/ground (-)

Warna Kabel pada Kiprok Nmax

1. Kabel Merah

Pada kiprok Nmax, kabel merah merupakan jalur kabel (+) yang berasal dari Aki. yang sebelumnya sudah melewati sekring terlebih dahulu. fungsi jalur ini adalah menyalurkan arus dari spull ke aki dengan tegangan yang stabil.

2. Jalur Kosong

Meskipun pada Motor Nmax tidak berfungsi, namun untuk beberpa motor lain bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif. untuk membahas ini perlu penjelasan yang panjang, kami akan menjelaskannya di artiekl lain jika banyak yang request.

3. Warna Hitam

Kabel ini berada disebelah jalur kosong. fungsi dari soket warna hitam ini adalah sebagai jalur yang menghubungkan ke massa atau ground dari aki (-)

4. Kabel Putih

Diujung kiri sebalah bawah adalah lokasi soket ini. Fungsinya sebagai penghantar arus dari spull (+) dan juga berperan menghambat tegangan listrik agar tidak melebihi dari angka 14,5 volt.

baca juga: berapa liter tangki Nmax?

5. Kabel Warna Hijau

Ini adalah soket terakhir yaitu berwarna hijau. Jika putih untuk spull (+), maka hijau ini untuk spull (-). artinya terminal yang terhubung kesini akan disalurkan ke kutub aki negatif.

warna soket kiprok nmax

Semua varian warna kabel pada jalur kipron Nmax diatas sebenarnya ditujukan agar anda lebih mudah mendeteksi ketika terjadi komponen kelistrikan yang tidak berfungsi. misalkan saja saat pemasangan ada lampu yang tidak menyala, maka jalur soket di warna tertentu bisa langsung dibetulkan.

Permasalahan Disebabkan kiprok Nmax rusak

Karena sebagian permasalahan pada kelistrikan tidak selalu ganti kiprok, tapi hanya beberapa kabel saja yang putus atau tidak menyambung sempurna. oleh karena itu memahami jalur kiprok sangat penting agar bisa menangani kerusakan pada kelistrikan motor Nmax kesayangan anda.

Buka Juga : Kredit Murah Nmax 155

Kiprok sangat berhubungan erat dengan kelistrikan. pada motor matic jika kiprok mengalami kerusakan bisa membuat motor macet. lalu jika terus dipaksakan dan menggeber motor terlalu keras juga bisa mengakibatkan lampu besar putus karena ketidakstabilan arus yang diterima.

Oleh sebab itu selalu test drive ketika motor sudah diganti kiprok yang baru. pastikan nyala lampu terangnya stabil itu adalah hal paling mudah untuk mendeteksi kiprok terpasang sesuai jalurnya atau tidak.

Sekilas Info

Kami adalah situs yang memberikan informasi terlengkap mengenai jual beli motor dan mobil bekas (second) termurah dan terjangkau di seluruh indonesia dan anda bisa melihat daftar referensi dealer terbaik di kota – kota besar seperti di Jakarta , Surabaya , Bandung , Bekasi , Medan , Tangerang , Depok , Semarang , Palembang , Makassar , Tangerang Selatan , Bogor , Batam , Pekanbaru , Bandar Lampung , Malang , Padang , Denpasar , Samarinda , Serang , Banjarmasin , Tasikmalaya , Pontianak , Cimahi , Balikpapan , Jambi , Surakarta , Mataram , Manado , Yogyakarta , Cilegon , Kupang , Palu , Ambon , Tarakan , Cirebon , Bengkulu , Pekalongan , Kediri , Tegal , Binjai , Pematangsiantar , Jayapura , Banda Aceh , Palangkaraya , Probolinggo , Banjarbaru , Pasuruan , Tanjungpinang , Gorontalo , Dumai , Madiun , Batu , Salatiga , Pangkalpinang , Lubuklinggau , Ternate , Bitung , Tanjungbalai , Tebingtinggi , Metro , Bontang , Padang Sidempuan , Blitar , Lhokseumawe , Singkawang , Parepare , Langsa , Banjar , Prabumulih , Mojokerto , Magelang , Sorong , Palopo , Bima , Bukittinggi , dan Bau-Bau. terima kasih.