Mempunyai motor Nmax 155 pastinya membuat kebanggan tersendiri apalagi jika kita mampu membeli motor tersebut dengan uang sendiri. Tidak peduli itu kredit (baca : kredit Nmax 155 murah) atau kontan yang penting dari modal sendiri.
Namun bukan berarti Nmax adalah motor sempurna yang tidak ada kendala sama sekali. Bahkan motor matic cenderung butuh perawatan extra daripada motor bebek.
Salah satu problem yang muncul adalah kampas rem belakang nmax yang cepat habis. Banyak sekali penyebab kampas habis salah satunya gaya bermotor yang sembrono. Mau tahu lebih jelasnya? Terus baca artikel ini sampai habis.
Kampas rem adalah sebuah bagian penting dalam perangkat rem yang berfungsi sebagai pusat penekanan pada bagian tromol maupun cakram. Part ini sangat penting karena sebagai isolator dan meredam panas yang terjadi antara gesekan rem dan roda di kendaraan. Biasanya jika kampas rem belakang sudah habis akan menimbulkan bunyi berdecit yang memekakkan telinga.
Terjadinya gesekan antara roda dan kampas rem akan terus merubah bentuk kampas dan menghabiskannya. Oleh sebab itu perlu diganti. Karena jika tidak diganti, bisa jadi kerusakan yang lebih parah akan berada di roda motor.
Faktor Penyebab Kampas Rem Belakang Nmax Cepat Habis
Beberapa faktor yang menjadi penyebab kampas harus segera diganti sebenarnya tidak terlalu banyak. Anda bisa meminimalisir penggantian kampas jika penyebab utamanya, oleh sebab itu, lihat dibawah ini:
1. Masa Pakai Kampas Sudah Berakhir
Ini adalah hal normal yang menyebabkan kampas harus segera diganti. Usia kampas rem belakang Nmax normalnya lebih pendek dari pada kampas depan, karena Rem bagian belakang sering digunakan. Jadi otomatis kampas akan lebih sering bekerja.
Baca lainnya : Solusi Lampu V Belt Nmax Berkedip
Biasanya kampas belakang perlu diganti 4-6 bulan sekali. Sedangkan kampas depan jika pemakaian normal bisa diganti setiap 1-1,5 tahun.
2. Kondisi Jalan
Jika anda teliti, kondisi jalan yang terjal akan mempengaruhi penggunaan kampas rem. Pasalnya jalan yang menurun tentu kerja rem akan semakin sering dibandingkan dengan jalan yang datar.
Selain itu kondisi jalan sering macet juga bisa mengurangi usia kampas rem belakang. Hal ini disebabkan anda akan sering menarik tuas rem saat kendaraan didepan berhenti.
3. Cara Berkendara
Ini adalah penyebab kampas rem belakang motor Nmax cepat habis tapi jarang diketahui. Berkendara sesuai dengan prosedur lalu lintas memang sulit sekali dilakukan. Terkadang orang lebih suka mengebut dan menyalip kiri kanan.
Dengan gaya berkendara seperti itu, tak salah jika kampas rem motor mengalami gesekan terus menerus dalam perjalanan. Dan ini menyebabkan kampas cepat aus dan habis.
Ciri Kampas Harus Segera Diganti
1. Terdengar suara "ciit ciiit" saat Pengereman. Pernahkan anda mendengar suara berdecit ketika menarik tuas rem? Itu tandanya kampas anda mulai habis. Biasanya suara ini sangat mengganggu ketika dalam perjalanan. Anda wajib pergi ke bengkel sesegera mungkin untuk memeriksa kampas rem belakang Nmax tersebut. Bisa jadi kampas sudah habis atau kampas rem kotor dan perlu dibersihkan.
2. Terasa Getaran Ketika Menarik Tuas Rem. Hal ini dikarenakan permukaan kampas sudah tidak rata sehingga terjadi getaran saat tuas rem ditarik. Pemakaian yang lama bisa mengakibatkan hal ini. hal ini tentu akan membuat anda tidak nyaman dalam berkendara.
Baca juga : Daftar Helm yang Cocok buat Nmax
3. Rem Terasa Lebih Dalam. Ciri ini bukanlah selalu karena ram yang habis. Bisa jadi karena settingan dari mekanik langganan anda yang mengatur kedalaman tuas rem agar diperdalam sehingga anda tidak mudah selip ketika mengerem mendadak. Tapi ini juga menjadi salah satu indikasi kampas harus segera diganti jika settingan awal tuas rem dangkal.
4. Rem Tidak Pakem. Artinya kerja rem sudah tidak maksimal lagi karena daya gesek tidak maksimal. Komponen dalam kampas mulai habis sehingga tidak mampu menekan dengan erat roda motor. Ini salah satu yang mengakibatkan mengendarai Nmax tidak nyaman karena motor yang besar.
Untuk itu kampas rem belakang nmax harus segera diganti. Mengenai biaya dan lain-lainnya akan kami bagikan di paragraf selanjutnya
Persamaan kampas Rem Belakang Nmax dengan Motor Lain
Banyak pemilik Nmax yang mencari sparepart pengganti untuk menyelamatkan kampas remnya. Hal ini disebabkan pemilik ingin hemat, sehingga tak jarang mekanik memberikan saran untuk menggantinya dengan kampas rem belakang motor lain atau dikenal juga dengan istilah "subtitusi".
Menang seberapa mahal sih kampas rem belakang Nmax?
Jika dilihat di Tokopedia dan Shopee, harga kampas rem belakang Nmax ori Rp 80.000, cukup mahal jika dibandingkan motor matic lainnya. Hal ini wajar sebab Nmax adalah skutik besar sehingga butuh kampas yang tebal dan terbuat dari bahan berkualitas.
Untuk mengakali itu, kampas rem belakang Nmax bisa diganti dengan motor Jupiter MX 135 Bekas. Memang kedua motor ini sama sama buatan Yamaha. Tapi yang bisa "plug n Play" langsung pasang hanya dari Yamaha Jupiter MX. Harga kampas rem jupiter MX ini juga murah, hanya Rp 40 ribuan saja. Jadi anda bisa hemat separuhnya. Kode kampas yang bisa dikanibal adalah 732.
Selain Jupiter MX, ternyata diketahui pula bahwa kampas rem belakang nmax sama dengan motor Vixion Old. Anda hanya perlu menancapkan langsung kampas rem pada rumah kampas. Oh ya, kode barangnya adalah 5C1-F5805-00. Sementara harga, masih lebih murah 30 ribu dari Nmax, yaitu 50 ribuan untuk kampas rem Vixion Old.
Jadi disini dapat diketahui untuk persamaan dan subtitusi bisa mengguanakan kampas dari kedua motor diatas, yaitu Jupiter MX dan V-ixion Old. Tapi pertimbangkan kembali sebab bagaimanapun juga barang Ori tentu kinerja dan kualitasnya lebih baik dan awet.
Baca Lainnya : Jalur Soket Kiprok pada Nmax
Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Belakang Nmax
Setelah anda memutuskan untuk memilih kampas rem yang ingin digunakan dan mau memasangnya sendiri dirumah, bisa meniru langkah dibawah ini.
- Buka baut pada speed sensor dan pengikat selang rem
- Lepaskan kabel sensornya menggunakan kunci sok 10
- Lepaskan baut yang menempel pada kaliper menggunakan kunci L T50
- Buka 2 pin yang mengikat kampas dan tarik kampas sampai lepas
- Setelah terlepas, ambil juga piston di kaliper menggunakan kunci 12 untuk dibersihkan dan dikasih stempet
- Buka penutup master rem dan masukkan minyak rem kedalam tabung agar tidak berceceran.
- Bersihkan dahulu rumah kampas menggunakan bensin dan kuas agar kotoran rontok
- Setelah bersih dan kering, pasang kampas yang sudah anda beli sebelumnya, bisa menggunakan ori Nmax, kampas jupiter mx atau vixion old
- Jangan lupa masukkan kembali minyak rem pada posisnya dan coba tarik tuas apakah posisi rem bisa kembali seperti semua.