ads shopee

Mudah Sekali, Cara Ganti Komstir Vespa Matic Yang Sudah Soak

Daftar Isi Konten Ini [Tampilkan]

Cara pasang komstir vespa matic - sepeda dengan tunggangan nyaman adalah impian semua orang. Motor baru tentu lebih nyaman jika dibandingkan dengan motor lama. Namun kita dituntut untuk terus inovatif dan kritis jika terjadi permasalahan pada motor yang kita punya, terutama vespa yang dikenal butuh perawatan ekstra.

Banyak sekali penyebab motor vespa matic tidak nyaman, salah satunya adalah komstir yang soak. Komstir adalah salah satu bagian motor yang mengontrol sistem kemudi. Komstir atau comm steer ini berfungsi untuk meringankan dan stabilkan setir motor dengan poros roda.

bukan hanya vespa, bahkan motor sport pun sering mengalami kendala ini. motor sport apa saja yang kami maksud? cek dulu daftar  motor sport 20 jutaan terbaik tahun ini.

Jika fungsi ini terganggu maka bisa dipastikan motor Vespa Anda sulit dikendalikan atau bahkan saat di belokkan, setir terasa kaku, tidak presisi dan berat. Jika anda merasakan ciri komstir Vespa matic rusak tersebut, segera perbaiki sekarang sebab itu bisa membahayakan saat anda berada di jalan raya. sebenarnya ada 2 masalah saat kendali mootor bermasalah, selain komstir, terkadang velg yang bengkok juga merupakan indikasi setir mulai belok belok sendiri. simak tips sebelumnya yang membahas cara mengganti velg vespa matic dengan aman.

Untuk menanggulangi hal tersebut, anda juga perlu untuk memahami dulu beberapa penyebab utama terjadinya kerusakan pada komstir yang alot dan oblak, antara lain:

  • Komstir sudah tua
  • Motor sering melewati polisi tidur tanpa mengerem
  • Kendaraan melewati jalan berlubang dalam
  • Terdapat peloran yang pecah
  • Jarang perawatan berkala

Nah sudah tahu kan alasan kenapa komstir bisa rusak? Jika itu terjadi pada Vespa matic mu, salah satu satunya adalah mengganti laher komstir dengan yang baru.

bongkar komstir vespaa yang rusak

Cara menggantinya adalah dengan membawa motor Anda ke bengkel, namun jika kepingin mandiri di sini kami akan memberikan penjelasan singkat cara untuk membongkar komstir dan memasang dengan part yang baru.

Cara mengganti Komstir Vespa Matic

  1. Siapkan kunci ukuran 17 dan kunci l nomor 8.
  2. Lepas bagian lampu dan bagian depan body motor vespa
  3. Lepaskan baut baut yang menempel pada shock breaker
  4. Kendorkan mur di bawah slebor
  5. Lepas semua baut yang menopang velg
  6. Gunakan kunci 17 untuk melepas bagian body dan dasi Vespa matic dari stang
  7. Lepas baut pada stang menggunakan kunci l nomor 8
  8. Beri tanda pada stang agar nanti saat pemasangan bisa presisi kembali
  9. Lepaskan kaliper rem di bagian atas menggunakan obeng bintang
  10. Tarik batang komstir persamaan dengan roda depannya
  11. Lepaskan semua Path pada pelor dan tatakannya.
  12. Masukkan pelor dan pukul secara merata menggunakan palu yang terbuat dari kayu agar tidak merusak pelor tersebut
  13. Jika selesai, pasang semua bagian yang sudah anda lepaskan tadi seperti semula.

Kisaran harga untuk mengganti komstir pada Vespa matic beragam tergantung bahan apa yang anda pakai dan jasa siapa yang Anda gunakan. Kita mau bawa ke bengkel ongkos pekerjaannya mungkin hanya butuh waktu 2 jam dengan biaya rp75.000 tidak termasuk komstirnya.

dibawah ini kami sertakan tutorial dalam bentuk video yang dicomot daari youtube, sambil baca, sambil lihat videonya ya gan.


Untuk memilih komstir pastikan ukuran diameternya sama dengan Vespa matic yang anda miliki. Toko online banyak sekali persamaan komstir original Vespa matic dengan harga yang terjangkau.

Beberapa tempat yang wajib Anda beli Salah satunya adalah Laher bearing komstir homestir vespa merk PA yang seharga Rp15.000. produk ini paling laku di pasaran. Selain itu anda juga butuh Ring komstir bagian atas vespa dengan harga Rp12.000.

Tapi jika tidak ingin repot Anda bisa membeli satu set komstir vespa vbb vnb vba khusus bagi vespa tahun tua PA NOS, px yang memiliki persamaan dengan modern vespa piaggio dengan harga Rp150.000.

Jika Vespa anda type sprint, primavera, gts dan lx Harga komstirnya Rp280.000. Untuk Komstir Atas Bawah original Piaggio Modern Vespa Zip adalah Rp375.000 yang merupakan komstir termahal saat ini.

komstir vespa matic termahal

Komstir jenis ini adalah PNP (plug n play) langsung colok untuk semua motor Vespa matic terbaru. Jika membeli komstir Piaggio harga rp300.000 itu anda sudah mendapatkan 7 item dalam satu packing sehingga montir tidak perlu memikirkan lagi cara mengakali pemasangan komstir jepangan pada motor anda.

Itulah cara mengganti komstir sepeda motor Vespa matic beserta pilihan harga komstir yang bisa menjadi referensi anda saat memperbaiki kerusakan pada kendaraan roda dua tipe klasik tersebut. Rawatlah motor Vespa tersebut seperti istri sendiri, agar senantiasa nyaman dipakai setiap hari.

Sekilas Info

Kami adalah situs yang memberikan informasi terlengkap mengenai jual beli motor dan mobil bekas (second) termurah dan terjangkau di seluruh indonesia dan anda bisa melihat daftar referensi dealer terbaik di kota – kota besar seperti di Jakarta , Surabaya , Bandung , Bekasi , Medan , Tangerang , Depok , Semarang , Palembang , Makassar , Tangerang Selatan , Bogor , Batam , Pekanbaru , Bandar Lampung , Malang , Padang , Denpasar , Samarinda , Serang , Banjarmasin , Tasikmalaya , Pontianak , Cimahi , Balikpapan , Jambi , Surakarta , Mataram , Manado , Yogyakarta , Cilegon , Kupang , Palu , Ambon , Tarakan , Cirebon , Bengkulu , Pekalongan , Kediri , Tegal , Binjai , Pematangsiantar , Jayapura , Banda Aceh , Palangkaraya , Probolinggo , Banjarbaru , Pasuruan , Tanjungpinang , Gorontalo , Dumai , Madiun , Batu , Salatiga , Pangkalpinang , Lubuklinggau , Ternate , Bitung , Tanjungbalai , Tebingtinggi , Metro , Bontang , Padang Sidempuan , Blitar , Lhokseumawe , Singkawang , Parepare , Langsa , Banjar , Prabumulih , Mojokerto , Magelang , Sorong , Palopo , Bima , Bukittinggi , dan Bau-Bau. terima kasih.